Minggu, 06 Mei 2012

Pemahaman Baru


Seorang guru BK tak boleh kehilangan senyum dan semangat. Guru BK juga manusia, meski dalam aplikasinya masih banyak menemukan kebingungan disana disini tapi sebaiknya tetap jangan lupakna yang namanya senyum. Semangat....
Kemarin hari sabtu, mengikuti laporan hasil studi dari salah 1 guru di Malaysia. Bu guru menyajikan hasil laporan yang begitu singkat tapi sangat padat. Laporan ini terdiri dari inti pembelajaran itu sendiri dan juga ada kalimat positif yang seakan membukakan mata hati saya.
Inti pembelajaran yang dihasilkan dari laporan kemarin, sama yakni belajar yang penting itu adalah sebuah proses bukan sebuah hasil. Hasil itu yang didapat akan sesuai dengan proses yang dialami. Dalam aplikasinya untuk membentuk sebuah karakter yang bagus pada anak, hendaklah kita selallu menekankan proses pada anak bukan hasil yang diperoleh, karena bicara tentang hasil itu akan kelihatan jika anak sudah bisa mengaplikasikan ketika mereka benar-benar berada ditengah masyarakat. Hasil dari belajar mereka semuanya akan terlihat disitu.
Kemudian kalimat yang membuat saya terbuka matanya, yakni kalimat tentang jangan mudah memberikan "cap" kepada anak, mengajar itu penting tapi pembelajaran jauh lebih penting, dan hasil itu penting tapi isi yang kita ajarkan dan proses dari pembelajaran itu jauh lebih penting.
Semoga semua, saya terutama bisa menerapkan dalam kehidupan nyata. Menjadikan anak-anak tidak pintar secara akademik tetapi juga pintar secara sikap atau attitude mereka sesuai dengan penerus bangsa yang notabenya sebagai bangsa timur yang tinggi nilai budi pekerti mereka.

2 komentar:

  1. benar Bu,, saya jadi sadar setelah itu.

    Namun ada sedikit yang mau tak modifikasi

    saya ingin tetap memberikan "cap" untuk anak
    tapi "cap" bahwa semua anak adalah anak yang pandai. Semua anak adalah anak yang cerdas.

    dengan begitu, cara saya berbicara dengan mereka akan berubah, cara saya menyikapi mereka akan berubah, penilaian saya kepada mereka akan berubah, dan prestasi mereka akan berubah

    be better and be the best

    BalasHapus
  2. iya, benar yg njenengan bilang. Semua anak terlahir istimewa. sebagai guru harus bisa berfikir positif pada keadaan siswanya yg bagaimanapun itu, kalau modal dasar ini terpenuhi insyAllah semua perangkat lainnya akan berjalan seiringan..:) be better and be the best, it's a good slogan for built character at the profesional education school..:)

    BalasHapus