Jumat, 06 Januari 2012

Memahami orang lain

Hubungan sosial yang terjadi di sekitar kita terkadang membawa dampak nyata dalam kehidupan. Sedikit banyaknya apa yang kita dapat dari sesuatu yang kita pelajari secara tidak langsung menjadi budaya yang akan  dijalan. Dalam perjalanannya kehidupan manusia tidak lepas dari berbagai masalah yang secara bergantian menghampiri. Didalam penyelesaian sebuah masalah itu sering kita mempelajari berbagai macam solusi yang kita dapat dari pribadi maupun dari orang lain. Sedikit pribadi yang mampu memandang masalah yang mereka hadapi adalah sebuah proses pembelajaran untuk level kehidupan selanjutnya, terkadang kita membutuhkan bantuan orang lain untuk membimbing atau membantu kita untuk menyelesaikan masalah. Tidak semua orang bisa memberikan bantuan atau bimbingan kepada orang yang mengalami masalah, diperlukan sebuah keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh orang untuk bisa membantu orang lain dalam menyelesaikan masalah, yakni keterampilan untuk memahami orang lain.
Memahami yang berasal dari kata paham yang secara harfiah berarti mengerti suatu keadaan dengan rasa empati. Sebuah keterampilan yang tidak mudah dilakukan oleh semua orang, harus ada kemauan dan upaya dari seseorang untuk bisa menjadi terampil dalam hal ini. 
Contoh kasus sederhana, mendengarkan orang lain yang sedang berbicara atau mengikuti sebuah pertemuan, kajian. Kalau orang itu mau memahami orang lain pasti akan mendengarkan dengan seksama, secara sekilas memang hampir sama dengan menghargai. Tapi memahami dalam contoh kasus ini adalah bagaimana kitamau mengerti keadaan orang lain yang telah meluangkan waktu untuk memberikan sebuah informasi dan wawasan baru terhadap kita. Kelihatan sangat sepele tapi sangat berpengaruh dan bisa mempengaruhi sikap kita terhadap hubungan sosial. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar